Ketertarikan Masyrakat Indonesia Terhadap Ekonomi Syariah

Posted by Unknown Selasa, 24 Juni 2014 0 komentar
Ketertarikan Masyrakat Indonesia Terhadap Ekonomi Syariah

Dengan berjalannya waktu  dan  perkembangan ekonomi syariah di indonesia yang memasuki tingkat perkembangan yang sangat pesat  khususnya di tingkat provinsi maupun daerah, membuat masyarakat indonesia menjadi ingin tau tentang ekonomi syariah dan ingin mempelajari ekonomi syariah kerena  ekonomi syariah atau biasa di sebut Ekonomi Islam adalah suatu upaya sistematis untuk mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungannya dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang Islam.
( Khursid Ahmad).
Kenapa masyarakat indonesia tertarik terhadap ekonomi syariah ?
Karena mayoritas penduduk indonesia yaitu islam sudah sepantasmya mengikuti ajaran dan ketentuan yang berlandasan tentang syariah yakni berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah, jadi sudah menjadi kewajiban umat manusia untuk berekonomi sesuai dengan ajaran agama islam yaitu ekonomi Syariah.
Selain itu juga ekonomi syariah memiliki sifat yang menjadi ciri khasnya, yakni
(1) Kesatuan (unity)
(2) Keseimbangan (equilibrium)
 (3) Kebebasan (freewill) dan
(4) Tanggungjawab (responsibility).  

Yang bertujuan untuk menyelaraskan kehidupan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, memberikan rasa adil, rasa nyaman, rasa bahagia, rasa kekeluargaan dan rasa kebersamaan serta memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi siapa pun yang ingin melakukan kegiatan ekonomi yang berdimensi ibadah.
Walaupun Ekonomi Syariah di Indonesia masih sedikit tetapi dengan berjalannya waktu Ekonomi Syariah di Indonesia akan berkembang pesat dengan banyaknya Bank yang berbasis Syariah contohnya Bank Muamalat, Bank Indonesia Syariah, Bank Mandiri Syariah, Bank BCA syariah, Bank BNI Syariahd an Bank lainnya yang berbasis Syariah dan Investasi berbasis syariah yaitu Reksadana Syariah.
Dengan banyaknya yang berbasis syariah membuat ekonomi syariah di kenal dan di ketahui masyrakat dan akan membuat masyarakat ingin tau tentang ekonomi syariah.
Bahwa Ekonomi Syariah berbeda dengan Ekonomi Konvensioanal contohnya Dalam Bank Konvensional terdapat bunga bank dan sedangkan bunga bank itu menggandakan uang sedangkan itu hukumnya haram, berbeda dengan dengan Bank Syariah yang tanpa bunga bank tetapi dengan sistem bagi hasil yang sesuai dengan ajaran islam.
Tetapi kenapa masih banyak masyarakat yang belum tau tentang bunga bank konvensional, apakah kurangnya ajaran islam di indonesia sedangkan indonesia mayoritas masyarakatnya muslim atau mungkin karena Bank Konvensional hadir terlebih dahulu jadi masyarakat indonesia lebih mengenal Bank Konvensional di banding Bank Syariah.
Namun Bank Syariah tetap semangat dan kerja keras untuk tetap berdiri dan berkembang, walaupun dengan berbagai rintangan dan halangan, karena bank syariah sangat bermanfaa bagi masyarakat indonesia untuk tidak meninggalkan bunga bank konvensional.
Berkat kegigihan dan kerja keras maka ekonomi syariah sudah banyak yang tertarik untuk bergabung dalam ekonomi syariah bukan hanya itu saja tetapi sudah ada kampus yang yang mata kuliah nya ekonomi syariah dan juga setiap fakultas ekonomi masing masing Universitas baik negeri maupun swasta memili organisasi di bidang ekonomi syariah seperti Universitas Gunadarma dengan Sharia Economic Forum ( SEF ).

Setelah Ekonomi Syariah sudah di perkenalkan ke masyarakat indonesia dan di perkenalkan di kampus-kampus dan sudah tersebar menjadi sebuah organisasi ekonomi syariah dan juga sudah banyak yang meminati Ekonomi Syariah apalagi dari sektor perbankan masyarakat mulai melirik bank-bank syariah karena dinilai lebih menguntungkan, tidak adanya bunga , bank syariah juga menawarkan prinsip bagi hasil sehingga sama-sama menguntungkan baik untuk pihak bank maupun nasabah.
Semakin maju dan berkembangnya sistem ekonomi syariah di Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan serta dapat berguna dalam perekonomian Indonesia.
Dan semoga perkembangan Ekonomi Syariah akan terus berkembang dengan pesat karena tingginya minat masyarakat terhadap ekonomi Syariah.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ketertarikan Masyrakat Indonesia Terhadap Ekonomi Syariah
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://muhammadsholihin8.blogspot.com/2014/06/ketertarikan-masyrakat-indonesia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

jam

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of SHOLIHIN.

cursor chelsea fc

Chelsea FC